Saturday, February 11, 2012

Seleksi I AFS-YES-JENESYS

Lebih baik gagal di Seleksi Nasional atau mending gagal saja dari awal sekalian biar ga usah cape-cape?

Niat awal mungkin ada yang coba-coba aja, tapi siapa lah yang tau nasib kita gimana ntar... :o

Kisah pengalaman ane dibahas di sini dan di sini (dalam Bahasa Linggis amatir :o)

Tes tertulis di seleksi pertama kalo menurut ane adalah yang paling enjoyable. Ane dihadapkan dengan berbagai soal-soal yang cukup menantang, dimana mereka juga menanyakan hal-hal yang tidak pernah ditanyakan di sekolah ane dulu, sampai muncul perasaan perasaan "Akhirnya ada juga yang menanyakan INI ke ane!" :o

Pertama, tes tertulis pengetahuan umum. Minimal jangan terlalu ketinggalan berita lah intinya mau gimana pun caranya. Jangan malah bela-belain beli koran-koran, terus-terusan online ke situs berita, ato nonton debat politik di tipi tapi akhirnya pas tes jadi kikuk :o

Jangan kaget kalo nemu soal-soal "aneh" jadi ga perlu takut dengan perasaan "Ane mah ga pintar matematika/fisika/kimia, dll." Kalo emang penasaran dengan gambaran waktu ane seleksi dulu, coba cek Soal Latihan Seleksi I AFS-YES-JENESYS.

Kedua, tes tertulis Bahasa Linggis :o Buat yang merasa ga bisa banget Bahasa Linggis tapi karena ikutan seleksi ini jadi pengen bener-bener bisa, coba minta bantuan kayak ke guru ato ke temen. Ane mah ga saranin cuman karena pengen lulus ini tes jadi langsung kursus privat Bahasa Linggis beberapa minggu sebelum tes. Selain tetep aja ga ngejamin apa-apa, yang pasti tuh cuman keluar duit. Kalo yang berkecukupan dan pengen bantu guru privat yah silahkan aja. Ane ga pernah sekalipun ikutan privat ato bimbel gitu-gituan dan emang ga pernah niat sedikitpun buat ikutan. Kalo emang niat dari awal pengen bisa, pengaruh terbesar ada di diri sendiri... :o

Ntar ane uga mau coba bikin beberapa tips Bahasa Linggis deh di blog ini... :o

Ketiga, bikin esai. Mungkin dapet pilihan tema ato kagak, yang pasti di sini coba go with the flow aja. Kalo punya aib sendiri, ane saranin tuliskan saja seperlunya daripada ngebahas aib orang. Mungkin bisa menjadi nilai plus kalo agan ato aganwati bisa bercerita tentang bagaimana cara bangkit dari suatu kegagalan ato musibah besar. Ane kira ga perlu ampe latihan bikin esai dulu. Pokoknya dari esainya harus bisa meyakinkan para juri mengapa agan ato aganwati pantas (ato tidak pantas dipilih) :o

Tips Seleksi I AFS-YES-JENESYS:
1. Pastiin semua urusan administrasi udah selesai.
2. Jangan lupa alat-alat tulis yang dibutuhkan, kalo mau bawa backup yah jangan sampai bikin repot juga.
3. Jangan telat masuk ruangan tes.
4. Don't cheat.
5. Kalo tempat tes agak jauh dari rumah tinggal peserta misalnya, mending datang aja sehari sebelum tes terus nginep. Lumayan biar ga terlalu jet lag, enak ngapalin malem sebelum tes, dan pastinya seger pas Hari-H.
6. Jangan minder pas liat peserta-peserta dari sekolah lain.
7. Jangan ngeceng terus cewe ato cowo dari sekolah lain atopun kakak-kakak panitianya :o

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...